Cara Membuat Email di Gmail

Heartless 01.54.00
Langkah lengkap membuat email di Gmail - Memiliki email di jaman sekarang ini dimana teknologi sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang adalah merupakan hal yang sangat wajib. dengan email kita bisa membangun komunikasi menjadi lebih dekat, cepat dan tepat.

Bahkan bisa dikatakan bahwa sekarang ini email adalah syarat utama seseorang untuk bisa memulai terjun di dunia tanpa baas internet. Setiap kali seseorang ingin memulai aktifitas interaktif di internet misal saja untuk bergabung di jaringan sosial media yang saat ini menjadi tren untuk berbagi informasi dengan cepat, maka hal yang sangat dibutuhkan untuk mengawalinya adalah akun, dimana akun ini akan dibuat dengan syarat memiliki email.

Apa itu Email ?

Email atau dalam bahasa kita sering disebut Surel ( Surat Elektronik ) adalah sebuah layanan surat menyurat dengan format digital. Jika jaman dulu orang menggunakan kertas untuk menulis surat dan mengirimkannya lewat jalur post, sekarang orang bisa dengan sangat lebih efisien mengirim surat tanpa kertas dan langsung dikirim via internet. Selain untuk kirim mengirim surat, dijaman yang sudah modern ini email juga bisa digunakan untuk mengirim file besar dengan berbagai format seperti misalnya gambar,video,paket software dll.

Ragam Layanan Email

Untuk memiliki atau membuat sebuah email, kia akan menggunakan layanan yang tersedia di internet dan tentunya kita pilih yang gratis meskipun mungkin tidak ada satupun layanan pembuatan email berbayar. Sejauh perkembangan teknologi saat ini, ada banyak layanan yang bisa kita gunakan untuk membuat email seperti Yahoo!,Gmail,Hotmail,MSN dan masih banyak yang lain.

Namun disini kita akan memilih yang lebih mudah, lengkap,bisa buat jangka panjang dan tentunya gratis selamanya,yaitu Gmail.

Google Mail / Gmail

Gmail adalah layanan dari industri internet terbesar saat ini yakni Google. Kenapa memilih Gmail daripada yang lain?
Karena Gmail merupakan produk Google dimana aktifitas internet tidak akan pernah lepas dari yang namanya Google, maka kita bisa mendapat keuntungan yang lebih kompleks jika menggunakan layanan Gmail daripada yang lain.
Salah satu keuntungan utama menggunakan Gmail adalah dengan mendaftar Gmail satu kali dan gratis, kita sudah bisa mengakses semua produk Google yang tersedia dengan tanpa harus daftar ulang. Perlu diketahui bahwa produk Google yang akan sangat bermanfaat nantinya adalah seperti dibawah ini :

  • Picasa : Tempat menyimpan foto-foto yang kita miliki agar lebih aman jika memori (hardware) kita rusak
  • Drive : Hosting besar tempat untuk menyimpan segala macam file yang kita miliki mulai dari gambar,video,website,script dll
  • Google+ : Sosial media milik Google dimana kita bisa menjaring banyak teman baru dan berbagi informasi yang kita miliki
  • Blogger : Layanan Bloging terbesar yang ada saat ini dengan pengguna yang terus bertambah dimana kita bisa menulis segala sesuatu yang kita inginkan dan membagikannya ke seluruh pengguna internet di seluruh dunia. Dan kita juga bisa mendapat penghasilan dari bloging tersebut.
  • YouTube : Tempat berbagi video terbesar saat ini dimana ada lebih dari 100 juta pengguna, dan kita bisa menguangkan video yang kita miliki di YouTube dengan mudah.
  • Dan masih banyak lagi produk menguntungkan yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan Gmail.


Bagimana Cara Membuat Email di Gmail ?

Cara untuk membuat akun email di Gmail terbilang cukup mudah dan singkat yang akan kami berikan panduannya dibawah ini. mari bersama membuat Email di Gmail.

Langkah membuat Email di Gmail :

  1. Ketik http://mail.google.com/ pada address bar browser, atau bisa dengan hanya mengetik Gmail saja.
  2. Klik "Create New Account" atau "Buat Akun Baru" yang berada di pojok kanan atas. Nanti kita akan dibawa ke halaman pendaftaran seperti pada gambar dibawah ini
  3. Pastikan semua kolom terisi seperti yang terlihat pada gambar dan tidak ada tulisan merah muncul menandakan error.
  4. Jika sudah, klik Langkah berikutnya
  5. Setelah klik Langkah berikutnya, kita akan dibawa ke halaman verifikasi seperti pada gambar dibawah ini.
  6. Pilih "pesan teks" dan berikan nomor telpon kita yang masih aktif untuk menerima pesan teks kode verifikasi dari Google.
  7. Selanjutnya klik :Kirim Kode Verifikasi" dan tunggu hingga ada sms dari Google masuk ke telpon yang berisi kode verifikasi.
  8. Selanjutnya masukan kode verifikasi yang di dapat dari Sms dan klik "Verifikasi".
  9. Kemudian kita akan dibawa ke halaman "unggah foto". Silahkan pilih "Tambahkan foto profil" jika suah mempunyai foto yang akan dijadikan foto profil akun Gmail, namun harap di ingat, mesin Google sangat pintar dalam mendeteksi gambar pada foto, pastikan kita mengungga gambar dimana tampak wajah kita disitu. Namun kita bisa juga langsung melewati sesi ini dengan klik "Langkah berikutnya" 
  10. Dan proses membuat akun Gmal sudah selesai. Silahkan klik "Lanjutkan ke Gmail" dan kita akan langsung dibawa ke kotak masuk email kita.


Sekarang secara resmi kita sudah memiliki Email di Gmail dan siap untuk mendapatkan seluruh produk Google seperti yang sudah saya sebutkan diatas.


Dan hal yang akan kita lanjutkan pada materi ini adalah Cara membuat Blog di Blogger dan Menguangkannya. Lanjutkan ke Bab Berikutnya >>

Share this

Frontman - Assassine

Related Posts

First